Penggunaan MOLS dan E-SURAT
Penggunaan MOLS dan E-Surat
Haloo semuanya, perkenalkan saya Taufik Hidayat dari prodi Sistem Informasi kali ini kita akan membahas tentang penggunaan MOLS dan E-Surat yang dibuat oleh pihak Universitas Mulawarman untuk mempermudah mahasiswa dalam belajar dan surat menyurat.
MOLS
Merupakan singkatan dari Mulawarman Online Learning System, MOLS merupakan sarana antara dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan seperti absensi, tugas, materi, hingga kuis yang diberikan oleh dosen untuk mahasiswa Universitas Mulawarman. MOLS diciptakan untuk mempermudah mahasiswa belajar apalagi di saat pandemi yang menyebabkan kurangnya tatap muka antar mahasiswa dan dosen, dengan adanya Mulawarman Learning System masalah itu dapat diselesaikan. Untuk mengakses MOLS kalian dapat masuk melalui web mols.unmul.ac.id
Login
Untuk tahap login, kalian dapat memilih bagian student agar bisa langsung di arahkan untuk memasukkan NIM dan Password. Untuk login nya dapat disesuaikan dengan login SIA Unmul.
Fitur
Pada bagian fitur terdapat 3 bagian yaitu home, profil, dan kelas. Masing-masing fitur memiliki fungsi tersendiri. Pada bagian home yaitu tempat mahasiswa untuk melihat semua informasi yang diberikan dosen baik itu tugas, materi, absensi, dan kuis.
Pada bagian profil terdapat tempat untuk mengubah gambar proifl serta email. Jika kalian ingin mengubah profil tinggal klik edit dan jika sudah selesai mengedit profil klik update agar profil yang di edit dapat tersimpan.
Untuk fitur kelas terdapat tempat untuk login kelas dan juga digunakan untuk melihat semua kelas yang telah kita masuki. Fitur kelas juga dapat digunakan untuk melihat informasi tugas, absensi, materi dan kuis untuk dosen yang lebih spesifik. Juga dapat digunakan untuk melihat nilai yang diberikan dosen atas tugas yang kita kerjakan.
E-SURAT
Merupakan surat elektronik berbasis website dengan softcopy, dibuat saat pandemi dengan tujuan mengurangi kontak fisik anatar mahasiswa dan pihak fakultas juga untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan kegiatan surat menyurat. Dalam E-Surat terdapat juga surat yang bisa dibuat dan surat yang tidak bisa dibuat (Harus datang ke pihak fakultas).
Layanan
Pada bagian website e-surat teradapat dua jenis pelayanan yang diberikan yaitu untuk mahasiswa dan non mahasiswa. Pada bagian login id dan password menyesuaikan dengan id dan password akun portal SIA Unmul.
Profil
Bagian profil digunakan untuk mengubah data diri juga agar pengubahan data diri dapat dilakukan mahasiswa secara berkala setiap semester. Ketika telah selesai mengubah data diri kalian dapat meng klik done agar perubahan dapat disimpan oleh sistem.
Proses Surat Menyurat
Untuk melakukan proses surat menyurat yang pertama kalian harus mengisi berkas yang diperlukan, ketika sudah mengisi berkas kalian harus mengisi alasan diperlukannya surat yang akan dibuat kemudian kalian dapat submit dan dapat kalian cek status surat yang anda ajukan. Status yang dapat dilihat ada tiga yaitu :
- Pending : Yang berarti surat yang kalian ajukan masih menunggu untuk persetujuan dari pihak kampus.
- Eject : Yang berarti surat yang kalian ajukan ditolak. Kalian dapat melihat alasan ditolaknya suirat kalian di detail penolakan.
- Done : Yang berarti surat yang telah kalian ajukan telah disetujui oleh pihak kampus dan dapat kalian langsung cetak e-surat nya atau pun kalian simpan dalam bentuk PDF.
Sekian penjelasan mengenai MOLS dan E-Surat, kalian dapat mengunjungi website MOLS maupun E-Surat langsung. Itu saja yang dapat saya sampaikan kalau ada kesalahan dalam ketikan mohon dimaafkan.
Comments
Post a Comment