Pengenalan Website MOLS & E-Surat
Nama : Muhammad Nabil
NIM : 2209116046
Kelas : Sistem Informasi A 2022Hai semua, Kembali lagi dengan saya disini mau menjelaskan lagi materi-materi yang disampaikan pada acara "Upgrading New Student Of System Information 2022" hari ke-2
MOLS
"Apa itu MOLS?"
MOLS merupakan kependekan dari Mulawarman Online Learning Sistem, Merupakan website yang dibuat oleh Bapak Putut Pamilih Widagdo, M.Kom.
Website ini berguna untuk mempermudah dosen maupun mahasiswa dalam proses perkuliahan.
Cara Akses MOLS
Berikut ini adalah cara untuk masuk ke MOLS untuk mahasiswa:
1) Buka website mols.unmul.ac.id
2) Pilih "Student"
3) Untuk Login, mahasiswa menggunakan akun Portal SIA
Fitur-fitur MOLS
Setelah masuk ke website MOLS, mahasiswa akan ditemui oleh 3 fitur, yaitu sebagai berikut:
• Home / Beranda
Beranda adalah tab yang harus diperhatikan mahasiswa, dikarenakan disini banyak berisi informasi-informasi dari dosen, contohnya sepeti tugas, nilai, absen dan lain-lain.
• Profil
Di sini berisi data seperti nama dan e-mail mahasiswa. Mahasiswa dianjurkan mengganti foto profil dengan pasfoto berawlmamater Universitas Mulawarman, dan mahasiswa juga harus mengganti e-mail terbaru dengan menekan pilihan "Edit". Hasil editan akan ditampilkan setelah mahasiswa merefresh browsernya.
Di tab ini berisi daftar kelas matakuliah mahasiswa. Cara masuk kelas dengan mengisi kode koles yang diberikan dosen ke search bar. Di dalam kelas ada tugas-tugas, absen, file pembelajaran, dan lain-lain.
E-Surat
"Apa Itu E-Surat?"
Di website E-Surat, mahasiswa bisa membuat surat-surat seperti Surat Aktif Kuliah, Surat Berkelakuan Baik, Surat Transkrip Nilai. Ada juga surat yang tidak dapat dibuat di E-Surat, seperti Surat Rekomendasi Beasiswa.
Cara Akses E-Surat
Berikut ini adalah cara mengakses website E-Surat untuk Mahasiswa:
1) Buka Website e-surat.ft.unmul.ac.id
2) Scroll kebawah, memilih layanan "Mahasiswa"
3) Sama seperti MOLS, login menggunakan akun Portal SIA
Membuat Surat Di E-Surat
Untuk mebuat surat, mahasiswa harus mencantumkan dokumen dukungan dalam bentuk file pdf, dan juga mencantumkan peruntukan atau tujuan surat yang akan dibuat. Contohnya untuk membuat Surat Aktif Kuliah, dokumen dukungan yang harus dicantumkan adalah slip SPP terakhir mahasiswa.
Setelah mengirim permintaan pembuatan surat tadi, mahasiswa dapat mengecek status progres surat, yang berupa:
• Pending : Surat sedang menunggu persetujuan di kurun waktu 2-3 hari.
• Reject : Surat ditolak, mahasiswa bisa melihat penyebab dan merevisi, lalu mengirim permintaan kembali
• Done : Surat sudah jadi, dan bisa di cetak atau didownload.
Comments
Post a Comment