Demonstrasi Website MOLS dan E-Surat




Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya?

Semoga tetap sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiinn..

 

Sebelumnya, perkenalkan saya;

Nama : Adinda Apriliani

NIM   : 2209116024

Kelas  : Sistem Informasi A 2022

 

Nah, disini saya akan memaparkan penjelasan mengenai Demonstrasi Pengenalan Website MOLS dan E-Surat pada kegiatan "Upgrading New Student of Information System 2022" yang langsung disampaikan oleh pemateri kami yaitu Perwakilan dari Staff Departemen Keilmuan di hari Minggu, 28 Agustus 2022.

 

DEMONSTRASI WEBSITE MOLS

Pemateri: -Mba Nita Riswanti (Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2020)

                -Mba Vebi Verdila (Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2020)

                -Mba Erri Veronica (Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2021)

 


Apa itu MOLS?

MOLS (Mulawarman Online Learning System) adalah media aplikasi yang mempermudah mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran seperti mengerjakan tugas, ujian, quiz, melakukan absensi, dan mahasiswa dapat melihat daftar nama-nama dosen pengajar. MOLS ini sendiri dibuat oleh salah satu dosen di Sistem Informasi Universitas Mulawarman yaitu Bapak Putut PamilihWidagdo, M.Kom. Website ini bisa diakses melalui mols.unmul.ac.id.

 

Petunjuk Pemakaian MOLS:

1. Search website MOLS Unmul di halaman pencarian Google atau Browser.

2. Pilih Website MOLS Unmul yang terletak di bagian paling atas halaman Google atau Browser.

3. Scroll website ke bawah, lalu pilih ikon “Student”

4. Terakhir, login dengan menggunakan akun SIA.

 

Terdapat 3 Fitur di dalam Website MOLS, yaitu:

- Home/Beranda

Merupakan bagian penting yang harus diperhatikan karena kita dapat bisa melihat informasi yang diberikan oleh dosen.

- Profil

Di bagian ini kita dapat mengunggah foto memakai almamater dan dapat menginput email yang aktif untuk mengisi data yang kosong.

- Kelas

Di bagian ini terdapat daftar Kelas sesuai Mata Kuliah  yang kita ambil, cara mencari kelasnya yaitu dengan menuliskan kode kelas maka kelas akan muncul, lalu kita bisa mengirimkan “Permintaan” untuk bisa memasuki kelas tersebut.

Di Fitur Kelas ini sendiri ada Home (bagian yang bisa kita lihat apa saja yang di upload oleh dosen, seperti tugas, quiz, dan absensi), Silabus/Materi (Bagian yang bisa kita lihat apa saja materi yang di upload oleh dosen, seperti file PPT, Word maupun PDF), dan terakhir ada fitur Nilai Saya (Yang berisi penilaian dari dosen, seperti hasil tugas, ujian dsb.)

 

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dan mencegah error nya website karena banyak yang mengakses, maka kita bisa meng-logout akun kita masing-masing dengan cara memencet button “Logout" pada foto profil yang terletak di bagian sebelah kanan atas website.

 

DEMONSTRASI WEBSITE E-SURAT

Pemateri: Staff Departemen Keilmuan Divisi Hubungan Akademik

                -Bang Panji (Mahasiswa Sistem Informasi A Angkatan 2021)

                -Bang Miftahuddin (Mahasiswa Sistem Informasi C Angkatan 2021)

                -Bang Muhammad Akbar (Mahasiswa Sistem Informasi B Angkatan 2021)

 


Apa itu E-Surat?

E-Surat (Elektronik Surat) adalah Sebuah surat yang berbasis web yang mengelola surat mahasiswa Universitas Mulawarman, bertujuan untuk mengurangi kontak fisik antara mahasiswa dan pihak Kampus, memudahkan dalam melakukan surat-menyurat digital mahasiswa sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.

 

E-Surat terbagi menjadi 2 Jenis, yaitu:

1. Surat yang bisa dibuat

(Contoh: Surat aktif kuliah, transkrip nilai, dan surat berperilaku baik).

2. Surat yang tidak bisa dibuat. 

(Contoh: Surat rekomendasi Beasiswa, solusinya yaitu dapat melakukan pengurusan langsung di bagian Akademik yang terletak di gedung baru Fakultas Teknik).

 

Website E-Surat ini dapat di akses melalui e-surat.ft.unmul.ac.id dengan login menggunakan akun portal SIA. Di website ini terdapat 2 Fitur, yaitu Fitur Profil dan Fitur Surat.

Bagaimana cara membuat surat?

1. Ke Fitur Surat, lalu pilih surat yang ingin dibuat.

2. Kemudian, masukkan berkas pendukung dan menuliskan tujuan peruntukkannya.

3. Terakhir, submit.

 

Note:

Status Surat yang dikirim:

-Pending (artinya masih dalam proses yang memakan waktu 2-3 hari).

-Reject (artinya surat ditolak, kita bisa melihat penyebab alasan kenapa surat kita ditolak).

-Done (artinya surat berhasil diterima, bisa di download lalu di cetak)

 

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Sampai Jumpa di artikel selanjutnya, teman-teman!!

have fun and enjoyy!

 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


INFORSA!! BERSATU UNTUK BERJAYA!



Comments

Popular posts from this blog

Cara Penggunaan MOLS dan E-Surat

Pengenalan Website MOLS & E-Surat

Mengenal Program Studi Sistem Informasi di Universitas Mulawarman