Demonstrasi Website MOLS dan E-Surat
Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo teman-teman,
bagaimana kabarnya?
Semoga tetap sehat dan
selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiinn..
Sebelumnya, perkenalkan
saya;
Nama : Adinda Apriliani
NIM : 2209116024
Kelas : Sistem Informasi A 2022
Nah, disini saya akan
memaparkan penjelasan mengenai Demonstrasi Pengenalan Website MOLS dan E-Surat pada
kegiatan "Upgrading New Student of Information System 2022" yang
langsung disampaikan oleh pemateri kami yaitu Perwakilan dari Staff Departemen
Keilmuan di hari Minggu, 28 Agustus 2022.
DEMONSTRASI WEBSITE MOLS
Pemateri: -Mba Nita
Riswanti (Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2020)
-Mba Vebi Verdila
(Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2020)
-Mba Erri
Veronica (Mahasiswi Sistem Informasi Angkatan 2021)
Apa itu MOLS?
MOLS (Mulawarman Online
Learning System) adalah media aplikasi yang mempermudah mahasiswa dan dosen
dalam proses pembelajaran seperti mengerjakan tugas, ujian, quiz, melakukan
absensi, dan mahasiswa dapat melihat daftar nama-nama dosen pengajar. MOLS ini
sendiri dibuat oleh salah satu dosen di Sistem Informasi Universitas Mulawarman
yaitu Bapak Putut PamilihWidagdo, M.Kom. Website ini bisa diakses melalui
mols.unmul.ac.id.
Petunjuk Pemakaian MOLS:
1. Search website MOLS Unmul di halaman pencarian Google atau Browser.
2. Pilih Website MOLS Unmul yang terletak di bagian paling atas halaman Google atau Browser.
3. Scroll website ke bawah, lalu pilih ikon “Student”
4. Terakhir, login dengan menggunakan akun SIA.
Terdapat 3 Fitur di dalam Website MOLS, yaitu:
- Home/Beranda
Merupakan bagian penting yang harus diperhatikan karena kita dapat bisa melihat informasi yang diberikan oleh dosen.
- Profil
Di bagian ini kita dapat mengunggah foto memakai almamater dan dapat menginput email yang aktif untuk mengisi data yang kosong.
- Kelas
Di bagian ini terdapat daftar Kelas sesuai Mata Kuliah yang kita ambil, cara mencari kelasnya yaitu dengan menuliskan kode kelas maka kelas akan muncul, lalu kita bisa mengirimkan “Permintaan” untuk bisa memasuki kelas tersebut.
Di
Fitur Kelas ini sendiri ada Home (bagian yang bisa kita lihat apa saja yang di
upload oleh dosen, seperti tugas, quiz, dan absensi), Silabus/Materi (Bagian
yang bisa kita lihat apa saja materi yang di upload oleh dosen, seperti file
PPT, Word maupun PDF), dan terakhir ada fitur Nilai Saya (Yang berisi penilaian
dari dosen, seperti hasil tugas, ujian dsb.)
Untuk mencegah hal yang
tidak diinginkan dan mencegah error nya website karena banyak yang mengakses, maka
kita bisa meng-logout akun kita masing-masing dengan cara memencet button “Logout" pada foto profil yang terletak di bagian sebelah kanan atas website.
DEMONSTRASI WEBSITE
E-SURAT
Pemateri: Staff
Departemen Keilmuan Divisi Hubungan Akademik
-Bang Panji
(Mahasiswa Sistem Informasi A Angkatan 2021)
-Bang
Miftahuddin (Mahasiswa Sistem Informasi C Angkatan 2021)
-Bang Muhammad Akbar (Mahasiswa Sistem Informasi
B Angkatan 2021)
.png)
Apa itu E-Surat?
E-Surat (Elektronik
Surat) adalah Sebuah surat yang berbasis web yang mengelola surat mahasiswa
Universitas Mulawarman, bertujuan untuk mengurangi kontak fisik antara
mahasiswa dan pihak Kampus, memudahkan dalam melakukan surat-menyurat digital
mahasiswa sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.
E-Surat terbagi menjadi 2 Jenis, yaitu:
1. Surat yang bisa dibuat
(Contoh: Surat aktif kuliah, transkrip nilai, dan surat berperilaku baik).
2. Surat yang tidak bisa dibuat.
(Contoh: Surat rekomendasi Beasiswa, solusinya yaitu dapat melakukan pengurusan langsung di bagian Akademik yang terletak di gedung baru Fakultas Teknik).
Website E-Surat ini dapat
di akses melalui e-surat.ft.unmul.ac.id dengan login menggunakan akun portal SIA. Di
website ini terdapat 2 Fitur, yaitu Fitur Profil dan Fitur Surat.
Bagaimana cara membuat surat?
1. Ke Fitur Surat, lalu pilih surat yang ingin dibuat.
2. Kemudian, masukkan berkas pendukung dan menuliskan tujuan peruntukkannya.
3. Terakhir, submit.
Note:
Status Surat yang
dikirim:
-Pending (artinya masih
dalam proses yang memakan waktu 2-3 hari).
-Reject (artinya surat
ditolak, kita bisa melihat penyebab alasan kenapa surat kita ditolak).
-Done (artinya surat
berhasil diterima, bisa di download lalu di cetak)
Sekian penjelasan dari
saya, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Sampai Jumpa di artikel
selanjutnya, teman-teman!!
have fun and enjoyy!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
![]() |
INFORSA!! BERSATU UNTUK BERJAYA! |
Comments
Post a Comment